Game Tangkap Bola Basket

Membuat game tangkap bola dengan delphi 7


Langkah pertama buatlah tampilan Form seperti pada gambar berikut.


lalu buatlah tambahkan button, timer, label dan panel seperti pada gambar berikut.


Setelah itu untuk mengganti text yang ada bisa diubah di propertiesnya seperti pada gambar di bawah.


Source Code:

unit Unit1;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, jpeg, ExtCtrls, StdCtrls;

type
  TForm1 = class(TForm)
    LblWaktu: TLabel;
    Lbl60: TLabel;
    LblSkor: TLabel;
    Lbldetik: TLabel;
    Lbl0: TLabel;
    btnmain: TButton;
    Panel1: TPanel;
    Balltime: TTimer;
    waktutime: TTimer;
    Ball: TImage;
    Kotak: TImage;
    procedure btnmainClick(Sender: TObject);
    procedure BalltimeTimer(Sender: TObject);
    procedure waktutimeTimer(Sender: TObject);
    procedure Panel1MouseMove(Sender: TObject; Shift: TShiftState; X,
      Y: Integer);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;
  OverLay : Trect;
implementation

{$R *.dfm}
procedure TForm1.btnmainClick(Sender: TObject);
begin
btnmain.Font.Size := 12;
btnmain.Caption := 'MAIN LAGI?';
btnmain.Enabled := false;
Panel1.Enabled := true;
Balltime.Enabled := true;
Waktutime.Enabled :=true;
kotak.Visible := true;
Ball.Visible := true;
Panel1.Caption := '';
Ball.Top := 0;
Lbl60.Caption := '60';
Lbl60.Tag := 60;
Lbl0.Caption := '0';
Lbl0.Tag := 0;
end;

procedure TForm1.BalltimeTimer(Sender: TObject);
begin
Ball.Visible := true;
ball.Top := ball.Top+15;
if Ball.Top > Panel1.Height then

begin
Ball.Top := 0;
Ball.Left := random(Panel1.Width);
end;
if intersectRect(OverLay, Ball.BoundsRect, Kotak.BoundsRect) then

begin
Ball.Visible := false;
Ball.Top := 0;
Ball.Left := random(Panel1.Width);
Lbl0.Tag := Lbl0.Tag +1;
Lbl0.Caption := intToStr(Lbl0.Tag);
end;
end;

procedure TForm1.waktutimeTimer(Sender: TObject);
begin
Lbl60.Tag := Lbl60.Tag-1;
Lbl60.Caption := inttostr(Lbl60.Tag);

if Lbl60.Tag = 0 then
begin
btnmain.Enabled := True;
waktutime.Enabled := False;
Panel1.Enabled := False;
Balltime.Enabled := False;
Kotak.Visible := False;
Ball.Visible := False;
Panel1.Caption := 'Klik Main Lagi, jika ingin main lagi';
end;
end;
procedure TForm1.Panel1MouseMove(Sender: TObject; Shift: TShiftState; X,
  Y: Integer);
begin
Kotak.Left := X-Kotak.Width div 2;
panel1.Cursor :=crNone;
end;

end.



Output :

Halaman Depan Game 

Tampilan Game  ketika di play


Setelah waktunya habis maka tampilannya seperti pada gambar berikut.



Untuk Gamenya dapat anda dowload disini:




Komentar

Postingan Populer