Analisis proses Komputasi Paralel Dalam Bidang Kimia

Kelompok 7 : Kimia 
Kelas : 4IA02 
Anggota : 

  • Yudith Geneiza Maholle (57416839) 
  • Najib M 
  • Eirene Ceren Hutauruk

Quantum chemistry on quantum computers | Feature | Chemistry World
Komputasi
Komputasi adalah suatu pemecahan masalah terhadap data input (sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem) dalam berbagai bidang pekerjaan yang telah disebutkan sebelumnya dengan menggunakan sebuah algoritma,Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Paralel Processing 
Pemrosesan parallel dalam komputer, merupakan pengolahan dari program instruksi dengan membagi di antara beberapa processor dengan tujuan untuk menjalankan program dalam waktu singkat. Sebuah program komputasi-intensif yang memakan waktu satu jam untuk menjalankan dan menyalin program tape yang mengambil satu jam untuk menjalankan akan mengambil total keseluruhan dua jam untuk menjalankan. Bentuk awal dari pemrosesan parallel memungkinkan eksekusi interleaved kedua program bersama-sama. Komputer akan memulai operasi I/O dan sementara itu sedang menunggu operasi untuk menyelesaikan, itu akan mengeksekusi program processor-intensive. Waktu eksekusi total untuk kedua pekerjaan tersebut akan menjadi kurang lebih satu jam.


Analisis Jurnal "Parallel Computing In Chemistry"

membahas peran komputasi paralel dalam komputasi kimia. Seperti terminologi menyiratkan kimia komputasi sangat tergantung pada daya komputasi yang tersedia.

Jenis Perangkat Keras Paralel

Perangkat keras paralel telah berkembang sangat pesat. Apa yang dimulai dengan beberapa perusahaan yang mengembangkan perangkat keras paralel yang sangat terspesialisasi (biasanya disebut sebagai superkomputer) berharga ratusan ribu, jika tidak jutaan, dolar kini telah berkembang menjadi skenario di mana individu sekarang dapat berkumpul mesin kelas superkomputer dalam beberapa ribu dolar
  • Processor array architecture
  • Vector pipelines

Ada sejumlah besar pusat di seluruh dunia menggunakan teknik paralel untuk aplikasi kimia komputasi. Masalah universitas dan komersial memiliki proyek dan aplikasi yang dirancang untuk paralel pengolahan. Di antara perusahaan komersial, contohnya adalah SGI, yang menghasilkan perangkat keras pemrosesan paralel serta aplikasi. Aplikasi ini mencakup kimia kuantum, desain obat dan biologi komputasi. 
Ada beberapa contoh software kimia komputasi itu Ini dirancang untuk pemrosesan paralel. Contoh penting termasuk Gaussian. Contohnya kecepatan yang diperoleh dari peningkatan prosesor untuk perhitungan Gaussian dapat dilihat pada grafik yang bersebelahan yang diambil dari laporan SGI.

Kesimpulan :
Bidang pemrograman paralel bukan yang standar. Banyak faktor mempengaruhi apakah dan bagaimana aplikasi tertentu dapat diparalelkan.Kedua aspek perangkat keras dan lunak dari masalah harus dipertimbangkan dan dipertimbangkan keduanya ada sejumlah besar opsi yang tersedia. Sampai sekarang belum ada buku masak atau 'Pemrograman Paralel untuk Dummies' tersedia. Banyak pekerjaan dengan demikian didasarkan pada aturan praktis dan pengalaman.

Di bidang kimia, persyaratan komputasi ekstrem akan selalu mengarahkan para peneliti Jelajahi kemungkinan yang disediakan oleh teknik paralel untuk meningkatkan kecepatan dan efesiensi.

berikut ini adalah link jurnalnya:



Komentar

Postingan Populer