Eksplorasi dan Analisis Aplikasi Facebook




Dalam postingan kali ini saya akan membahas suatu aplikasi atau media sosial yang banyak di pakai oleh masyarakat dunia yakni Facebook. 



Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Melon Park, California, Amerika Serikat.yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

Sejarah Facebook dan Garis Waktu Facebook
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, pada tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".


Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.

Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana.

Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.

Jumlah account di facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.

Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.

Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.

Analisis Penggunaan Facebook



Dampak dari penggunaan Facebook
Dampak Positif Facebook

Pertama yang saya akan bahas adalah hal-hal positif yang bisa kita dapatkan di Facebook. Berikut ulasannya:
  1. Bisa bertemu dengan saudara yang jauh, bertemu teman lama, maupun rekan kerja. Kita bisa menyapa mereka walau hanya di dunia maya. Namun bukan tidak mungkin berawal dari facebook kita bertemu dengan mengunjunginya secara langsung. Karena kita bisa menanyakan alamat rumah teman lama kita atau yang lainnya.
  2. Membagikan informasi terkini. Kita sering melihat status dari pengguna facebook yang sering memberikan inforrmasi di suatu daerah. Sehingga kita bisa tahu peristiwa apa yang sedang terjadi di daerah lain. Selain dari status langsung dari pengguna, terkadang pengguna juga mengirimkan sebuah link yang menuju ke situs website yang berisikan tentang informasi tersebut.
  3. Berbagi dan mendapatkan ilmu. Kita bisa mengikuti komunita atau grup yang ada di Facebook. Ada banyak grup di sana namun kita harus pandai memilih grup yang bisa memberi manfaat untuk kita. Kita bisa belajar dari group tersebut, bisa bertanya, bisa berbagi ilmu yang kita miliki. Sehingga wawasan  pengetahuan kita akan semakin luas dengan seringnya kita berdiskusi disana.
  4. Anda pasti sering melihat status yang berisikan informasi tentang suatu produk biasanya akan disertai dengan gambar dan informasi lainnya. Mereka memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Mereka bisa menggunakan layanan ini secara gratis.

Dampak Negatif Facebook
Selain manfaat yang bisa kita dapat dari Facebook, ada juga dampak buruk yang bisa kita dapatkan di Facebook
  1. Facebook dijadikan tempat untuk menebarkan kebencian, fitnah, provokasi dll. Banyak orang tidak bijak dalam menggunakan Facebook, mereka sering membuat status yang hanya membuat orang lain terluka dan sakit hati bahkan untuk kelompok tertentu. Status yang biasa dibuat adalah status yang berbau SARA.
  2. Adanya kasus penipuan. Tentu anda sering melihat di berita baik di media cetak maupun media elektronik tentang kasus penipuan dengan menggunakan media sosial Facebook.
  3. Sering membuang waktu untuk membaca informasi yang tidak penting yang ada di Facebook. Hal ini akan membuat kita malas dan enggan melakukan hal yang lebih bermanfaat.
  4. Pengaruh terhadap perkembangan psikologis. Bukan tidak mungkin karakter seseorang terbentuk dari Facebook. Hal ini karena pengguna Facebook menemukan ribuan orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda walaupun mereka tidak saling bertemu. Biasanya akan tampak pada status yang dibuatnya.

Komentar

Postingan Populer